Travel

Serasa Pulang Ke Kampung Halaman

Dalam kurun waktu enam tahun ini, saya mulai terbiasa membooking hotel jauh hari sebelum keberangkatan. Apalagi kalau pergi bersama keluarga besar, banyak yang harus dipersiapkan, selain budget juga tempat harus nyaman mengingat anggota keluarga sudah ada yang berusia senja.

Kali ini bermalam di Waluran Suite Kampung Sampireun Garut, seperti biasa, saya membookingnya via web agoda. Setelah menempuh perjalanan dua jam dari bandung melewati perbukitan ( kebiasaan suami senang keluar masuk kampung dan jalan berbukit) akhirnya saya sampai di kampung sampireun. Proses check in agak lama, menurut info staff banyak keluarga yang telat meninggalkan room padahal waktu check out sudah lewat.

Kami di beri welcome drink berupa bajigur hangat, sembari menunggu waluran suite dipersiapkan, saya keliling, pemandangannya oke sekali. Letak villa-villa dan restaurant mengelilingi danau, tersedia perahu-perahu yang bisa mengantar kita menuju penginapan kalau malas berjalan kaki.

    

Waluran suite terdiri dari dua kamar tidur yaitu satu kamar utama dengan tempat tidur berukuran queen, satu sofa bed dan bathroom dengan bath tub. Satu lagi kamar yang berukuran lebih besar dengan dua twin bed berukuran queen, satu sofa dan bathroom. Di antara dua kamar tidur terdapat satu ruang tamu, sedangkan teras beranda memanjang seukuran suite di bagian depan. Kapasitas waluran suite bisa untuk 6-8 orang dewasa. Kamar cukup nyaman, menjelang malam dingin dan meskipun tanpa pendingin ruangan, kalau siang tetap sejuk. Yang kurang hanya satu, pemanas air tidak berjalan dengan baik, beberapa kali saya meminta staff memperbaikinya tapi sepertinya ngga dikerjakan maksimal, jadi mesin pemanas air on off.

    

 

Di ujung bukit ada restaurant tempat kita sarapan atau tea time ( jam 4-6 sore). Menaiki tangga, kita bisa menikmati sarapan dengan pemandangan kebun bambu dan danau dari kejauhan, teduh dan nyaman. Menu sarapan cukup variatif, rasanya juga cukup enak.

Di pagi hari sekitar pukul 7, staff berkeliling mengantarkan serabi ke setiap villa, lengkap dengan kinca dalam sebuah mangkuk. Untuk tea time, hari pertama saya mendapati aneka gorengan umbi-umbian dan bajigur, nikmat sekali. Sementara hari kedua kacang rebus dan teh, kurang berselera buat saya hahaha.

Sementara di malam hari sekitar pukul 9, staff akan berkeliling mengantarkan sekoteng sambil membunyikan kentongan, persis suasana di kampung. Tidak lama sekoteng hangat pun tersaji sesuai dengan jumlah tamu di kamar.

 

Selama dua hari pula saya dan keluarga makan malam di resort ini, malas keluar dan macet karena banyak orang liburan jadi kendala untuk mencari tempat makan yang enak di malam hari. Akhirnya pesan nasi liwet lengkap dengan lauk pauk, harga sedikit mahal dengan resto di luar tapi enak banget semua masakannya meskipun harus rela menunggu hampir satu jam lamanya.

  

 

Kampung Sampireun
Jl. Raya Samarang Kamojang KM. 4
Kp. Ciparay Desa Sukakarya
Kec. Samarang Kab. Garut
Jawa Barat – Indonesia
Tlp. 02262 542393
www.kampungsampireun.com

 

 

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply