Culinary/ Travel

Resto Halal di Area Kampong Glam Singapore

Daya tarik kawasan kampong glam ngga ada habisnya untuk dibahas, selain masjid sultan yang dikenal sebagai ikon kawasan ini, disini juga terkenal beberapa resto halal yang menjadi favorit bagi masyarakat lokal maupun wisatawan. Beberapa resto timur tengah buka sampai tengah malam, sementara resto melayu lebih awal jam tutupnya. Harga yang ditawarkan variatif, kebanyakan masih terjangkau, jadi cukup banyak peminat kuliner yang hunting makanan enak disini, mengingat ongkos jajan di singapura lebih mahal dibanding di indo. Hal itu pula yang jadi alasan mengapa saya menginap di sekitar kawasan ini. Berikut ini beberapa resto halal yang pernah saya kunjungi di sekitar kawasan kampong glam :

SINGAPORE ZAM ZAM RESTAURANT

Letaknya persis di ujung arab street, berhadapan dengan masjid sultan. Restoran yang tidak pernah sepi pengunjung ini menyajikan makanan khas India Pakistan. Kalau ingin merasakan pengalaman makan makanan street food, coba deh mampir. Restonya terdiri dari dua lantai, lantai pertama seating area outdoor dan indoor, outdoor disini maksudnya di pinggir trotoar lho, tapi tenang aja cukup aman dan nyaman karena kendaraan yang lewat juga ngga banyak kok. Di lantai satu juga ada ruangan indoor tanpa pendingin ruangan, hanya kipas angin saja dan bersebelahan dengan meja kasir jadi terlihat sempit dan ruwet. Sementara di lantai dua, lebih adem dengan ac tapi begitu melihat tangganya yang agak curam dan sempit juga harus melewati area meja kasir yang penuh orang, saya batal naik, lebih memilih di pinggir trotoar sambil menontoni pelanggan yang order makanan dari dalam mobil dan pelayannya sibuk hilir mudik mengantar pesanan.

 

Pelayanan cepat meskipun pengunjung ramai,pelayan-pelayan disini juga sigap, fast in taking order. Selain menu yang terpampang jelas di setiap sudut resto, pelayannya ngga segan menawarkan menu-menu lainnya yang tidak tercantum di buku menu, seperti panganan atau pun minuman khas india pakistan, salah satunya minuman katira yang saya beli.

 

Deer Murtabak (Medium) $10

Hampir semua pengunjung selalu order martabak asin satu ini, tak terkecuali saya. Deer murtabak adalah signature dish-nya zam zam restaurant, martabak dengan isian daging rusa ini terdengar janggal memang tapi rasanya enak sekali. Kulit murtabaknya renyah, isiannya padat ,daging rusanya sudah berbentuk cincang, rasanya mirip daging sapi tapi lebih gurih. Meskipun ukuran murtabak ini medium, tapi cukup besar, mirip dengan ukuran martabak di jakarta yang suka pakai istilah jumbo. Disajikan hangat dengan pelengkap potongan timun dan saus tomat juga spicy dipping sauce alias cocolan pedas yang super enak.

  

 

Mutton Murtabak (Medium) $8

Tidak kalah enak dengan deer murtabak, mutton murtabak justru rasanya terlaluu enak. Mutton chunks alias daging domba yang menjadi isian murtabak ini terasa di setiap layernya. Gurih sekali, penyuka daging kambing pasti ngga mau melewatkan menu yang satu ini. Sama dengan murtabak sebelumnya, mutton murtabak juga diberi spicy dipping sauce yang enak sekali.

 

 

Katira $3

Sebetulnya saya order Coffee tarik $1.5 dan Longan $1.5 tapi lupa motret saking asiknya menikmati martabak dan katira saya yang lebih dulu disajikan. Katira minuman homemade terbuat dari milk, basil seeds, malva nuts dan grass jelly. Rasanya unik tapi terlalu manis buat saya jadi harus ditambah banyak es batu.

Zam -zam Restaurant
697 North Bridge Road
Kampong Glam – Rochor
Singapore
Open : 7 AM to 11 PM

 

M.A.DEEN BIASA

Sebelumnya restoran india ini berlokasi di golden mile food center aka the beach road army market, tapi kemudian pindah ke jalan sultan, tepatnya bersebelahan dengan hotel Zen Premium Kampong Glam. Saya datang sekitar jam 9 malam, nampak beberapa rombongan lebih memilih duduk di meja cadangan di tengah gang dibanding di dalam resto sederhana itu. Suami saya pun ikut-ikutan pilih tempat duduk disana, setelah beberapa lama jadi tau kenapa memilih duduk disana. Rupanya sedikit agak masuk ke gang, banyak orang merokok dan suami saya kelihatan senang ikutan merokok zzzzz. Memang larangan merokok di banyak tempat di singapura cukup ketat, tapi ada beberapa tempat diperbolehkan.

 

Back to menu, yang menjadi favorit disini adalah Soup Tulang Merah, selain itu ada beberapa menu makanan india lainnya yang bisa kita lihat di poster dinding restaurant, jadi tanpa banyak bicara bisa langsung tunjuk gambar hehe.

Soup Tulang Merah $10

Awalnya saya pikir kok mahal banget, hanya soup yang kelihatannya lebih menyerupai gulai tapi berwarna merah. Tapi begitu datang sedikit terpana, tujuh pieces bone steak domba disajikan diatas piring lodor, berkuah merah dan lengkap dengan satu keranjang roti perancis (loaf) yang super padat. Cara menikmatinya dengan mencocol roti perancis ke dalam kuah soup ,omaigod enak bangeeet. Kuah yang nampak seram dengan warna merah mirip darah ini memakai indian herbs, wanginya ngga aneh kok, mirip aroma gulai kambing tapi rasanya gurih dan pedas. Tiga pieces roti perancis sudah bikin perut saya full, di sesi terakhir saya nikmati daging dombanya yang tender dan well seasoned ,ngga lupa menghirup sumsumnya yang super enak itu, so gewd.

 

Bee Hoon Goreng $6

Sebetulnya menu pertama yang saya order bee hoon goreng ini,tapi sewaktu menunggu pesanan datangnya agak lama, jadi saya lihat-lihat menu lagi dan pesan soup tulang merah itu. Bee hoon goreng dengan tampilan biasa ini rasanya juga enak, mungkin ini bihun goreng terenak yang pernah saya makan. Bumbunya lain dengan bihun goreng di indo, tapi sepintas warnanya mirip soup tulang merah,barangkali pakai bumbu yang sama.

 

M.A.DEEN BIASA
97 Sultan gate
Rochor – Singapore

 

DERWISH TURKISH MEDITERRANEAN RESTAURANT

Kali pertama kunjungan saya ke derwish dua tahun yang lalu, datang saat malam hari dan ngga notice kalau letaknya persis di depan masjid sultan, karena kalau malam pencahayaannya agak temaram. Disini banyak anak muda keturunan arab yang hangout, kebanyakan sekedar menikmati sisha, makan malam atau bahkan hanya bergerombol mengobrol di setiap sudut blok.

Derwish yang mudah dicari karena ada patung lelaki penari berpakaian ala turki di depan bangunannya, bukan hanya resto saja tapi juga punya toko souvenir turki. Pelayanannya cukup baik, meskipun makanan agak lama datangnya.

  

 

Iskender Kebab Sish $15

Daging dombanya benar-benad gurih, juicy & tender,d isajikan diatas silver plate lengkap dengan tusukan kebab menyerupai pisau. Porsinya cukup untuk satu orang, sayuran yang jadi pelengkapnya mirip capcay dan nasi putihnya wangi seperti pakai herbs.

 

Lamb Chop $23

Chef-nya merekomendasikan menu satu ini, jujur pas lihat langsung lemas karena pricey tapi pas datang porsinya sedikit. Tapi begitu disantap, woww enak banget lamb chop-nya, juicy, tender dan well seasoned. Plain turkish bread yang jadi pelengkapnya juga enak, empuk, wangi dan nasi putih pun beda sekali, wangi dan saya heran kok bisa seenak ini ya. Kalau ngga ingat harga perporsinya, rasanya pengen nambah deh hehe.

Derwish Turkish Mediterranean Restaurant
60 Busorrah Stree
Rochor -Singapore

 

KAMPONG GLAM CAFE

Resto dengan konsep prasmanan ini buka di pagi hari dan biasanya sudah penuh pengunjung, pemiliknya ramah dan berbahasa melayu. Saya dan keluarga ngga pernah bosan menikmati sarapan disini. Saya selalu menikmati hidangan yang sama, Mee Siam dan milo dino. Sementara keluarga saya lebih suka memilih makanan yang tersedia di area prasmanan, tinggal pilih dan bayar di kasir. Kalau mee siam dibuat dulu jadi agak lama sebentar. Selain makanan berat, disini juga dijual aneka panganan ringan khas melayu seperti lupis, cucur dan lain sebagainya. Anyway, meskipun saya sudah tiga kali mampir ke kampong glam cafe tapi selalu lupa untuk foto situasi restoran, maafkan, next kalau kesana lagi semoga ngga lupa foto.

Mee Siam

Mee Siam terbuat dari bihun yang diberi kuah santan kental dan bumbu khas melayu yang gurih, sensasi asam didapat dari jeruk nipis dan rasa pedas bisa request saat memesan mie ini. Kabarnya mee siam ini di juluki “Truly Malaysia” karena makanan ini adalah asli dari masyarakat Melayu tanpa kombinasi dari etnis-etnis pendatang.

 

Milo Dino

Sebenarnya ini hanya es susu milo saja, tapi milo disini berbeda sama milo di indonesia, lebih gurih dan manis tanpa gula. Disajikan dalam gelas besar, jadi penikmat milo dingin seperti saya merasa puas kalau minum satu gelas besar hehe. Dari beberapa resto yang sempat saya kunjungi, menurut saya milo dino yang paling enak cuma di kampong glam cafe, kental dan manisnya pas ,bubuk milonya masih mengapung di permukaan gelasnya, royal banget dan pastinya bikin ketagihan.

Kampong Glam Cafe
17 Bussorah Street
Rochor – Singapore

 

HJ. MAIMUNAH RESTAURANT & CATERING

Salah satu resto halal yang pembelinya rela antri dan luar biasa larisnya. Berdiri dari tahun 90an, resto ini terkenal dengan nasi padang dengan aneka lauk pauknya dan juga cateringnya yang halal dan mendapat Singapore Michelin Bib Gourmand Guide 2016. Tempatnya bersih, pegawainya biasa aja, kasirnya ramah tapi beberapa pelayan di bagian prasmanannya agak jutek dan kurang sabar malah terkesan ngeburu-buru pembeli. Beberapa pengunjung yang berbarengan datang dengan saya juga terlihat kurang nyaman karena diburu-buru. Konsepnya prasmanan, kalau pun ada menu yang harus dibuat ngga terlalu lama nunggunya.

Harganya standar, hampir sama dengan harga makanan street food yang ada di singapore. Soal rasa juga ngga terlalu istimewa, beberapa ada yang enak, beberapa biasa saja.

 

 

 

Mix Rice

Pilih Mix Rice harganya antara $5-7, tergantung lauk yang di pilih. Menu yang harus di coba balado sotong, super enak. Sotongnya empuk tapi masih ada sensasi chewy-nya, spicy and tasty. Menu ikan di resto ini lumayan enak-enak tapi menu lainnya rasanya biasa saja. Saya beli Telur Ikan $8 ,lumayan banyak isiannya dan telur ikannya ngga berbau sama sekali, enak, kuahnya khas melayu.

 

 

 

 

Bandung $1..80 (Rose Tea & Milk)

Menu minuman ini berwarna eye catching, pink. Ada beberapa resto di singapore yang menjual minuman ini, tapi karena sekali nyoba disini dan kurang suka jadi ngga pernah beli lagi. Rasanya terlalu manis buat saya meskipun sudah banyak pakai es batu. Aroma rosella tea-nya cukup kuat.

 

Cordial Drinks $1.50 (Lime juice,self service)

Letak dispensernya di bagian minuman terpisah dengan meja prasmanan, jadi kita tinggal ambil gelas dan isi sendiri minumannya. Rasanya segar mirip lime juice kemasan.

HJ. MAIMUNAH RESTAURANT & CATERING
11-15 Jalan pisang
Rochor – Singapore

 

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply